jcmrc

jmrc blog info manfaat kesehatan

Monday, December 1, 2014 | @ 7:16 AM
Sejak dahulu orang sudah mengerti pentingnya makan buah dan sayur setiap hari untuk hidup lebih sehat dan lebh baik, tapi tahukah Anda bagaimana pentingnya warna dari buah dan sayuran tersebut?

Jika Anda berencana membuat menu makanan setiap hari dengan 3 jenis buah-buahan dan 2 jenis sayuran, maka akan lebih baik menggabungkan kelima warna berikut yaitu kuning/oranye, merah, putih, hijau dan ungu. Dengan kelima warna buah dan sayuran ini maka kebutuhan akan vitamin juga mineral yang harus Anda konsumsi setiap hari bisa Anda dapatkan.

Salah satu contoh buah kecil yang kaya akan vitamin A, B, C, E dan K adalah buah kesemek. Selain menjadi sumber zat besi, kalsium, magnesium, serta sulfur yang sangat bagus untuk kesehatan tubuh, buah kesemek ini juga mngandung banyak nutrisi penting yang baik untuk melawan peradangan, infeksi dan bahkan kanker. Menurut  studi terbaru, kandungan asam ellagic dan quercetin yang ada dalam buah kesemek mampu  membantu memperlambat pertumbuhan dan penyebaran tumor tanpa merusak sel sehat.

Mengkonsumsi buah kesemek ini secara teratur juga dapat mengurangi kadar asam urat dalam tubuh. Hal ini berkat kandungan tinggi zat anthocyanin pada buah kesemek. Selain itu, buah ini juga banyak terbukti bermanfaat bagi jantung, usus dan organ tubuh lainnya.

Selain buah kesemek ada juga buah lainnya yang dianggap sebagai buah super yaitu buah kiwi. Konsentrasi mineral, vitamin dan utamanya zat fitonutrien didalamnya, menjadikan kiwi  sebagai makanan pelindung terhadap penyakit pernapasan, dan patologi jantung. Buah kiwi bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan jantung, mengatur tekanan darah dan mengurangi kadar kolesterol.

Berikut bahan bacaan bagus lainnya seputar manfaat buah:

http://sehatcenter.com/manfaat-buah-pinang-bagi-kesehatan-pria-dan-wanita/
http://sehatcenter.com/mengenal-lebih-jauh-manfaat-buah-merah-papua-asli-indonesia/
http://sehatcenter.com/berbagai-manfaat-buah-markisa-untuk-tubuh/
http://sehatcenter.com/korek-lebih-dalam-manfaat-buah-bit-untuk-kesehatan/
http://sehatcenter.com/adakah-manfaat-buah-kesemek-untuk-kesehatan/
http://sehatcenter.com/berjuta-manfaat-daun-sirih-untuk-tubuh/
http://sehatcenter.com/mempelajari-lebih-lanjut-manfaat-daun-salam-untuk-kesehatan/
http://sehatcenter.com/manfaat-daun-kemangi-untuk-kesehatan-tubuh-manusia/

Labels:

Sunday, November 23, 2014 | @ 5:45 PM
Salah satu cara terbaik menghindari masalah pencernaan dan membuat tubuh lebih sehat adalah dengan rajin mengkonsumsi buah-buahan. Selama ribuan tahun, buah-buahan sudah menjadi salah satu asupan tubuh yang cukup nikmat untuk dikonsumsi. Berbagai manfaat dapat kita peroleh darinya seperti meremajakan kulit, perbaikan sel, menambah energy, nutrisi hingga kemampuannya dalam membantu proses pembakaran lemak.

Berikut beberapa sumber refensi manfaat buah

http://sehatcenter.com/menguak-manfaat-lidah-buaya-bagi-tubuh/
http://sehatcenter.com/ketahui-1000-manfaat-jahe-alami/
http://sehatcenter.com/menikmati-seribu-manfaat-tomat-segar/
http://sehatcenter.com/mengungkap-manfaat-kencur-bagi-kesehatan/
http://sehatcenter.com/ketahui-beragam-manfaat-mengkudu-bagi-kesehatan
http://sehatcenter.com/nikmati-manfaat-kentang-untuk-kecantikan-alami/
http://sehatcenter.com/manfaat-buah-naga-merah-dan-putih-untuk-menjaga-kesehatan-tubuh-kita/
http://sehatcenter.com/manfaat-buah-buahan-untuk-kesehatan-dan-kecantikan/
http://sehatcenter.com/manfaat-buah-kiwi-yang-luar-biasa/
http://sehatcenter.com/manfaat-buah-mengkudu-untuk-kesehatan-dan-pencegahan-penyakit/
http://sehatcenter.com/manfaat-buah-salak-untuk-kesehatan-kita/

Buah terbentuk terutama dari air dan fruktosa serta banyak mengandung enzim, sam amino,  mineral, serat, vitamin serta minyak nabati. Sayangnya, meski sangat bergizi dan mudah dicerna, tidak semua orang dapat dengan mudah menghargai buah-buahan.  Ini barangkali bisa karena cara konsumsi yang tidak tepat.
Untuk dapat mengambil sebanyak mungkin manfaat dari buah-buahan, paling ideal sebetulnya dengan memakan  buah ketika perut masih kosong dan tidak digabungkan dengan makanan lain. Hal ini karena sebagian besar jenis buah-buahan yang ada memerlukan waktu sekira 30menit untuk dicerna, kecuali buah pisang yang memerlukan waktu lebih lama.

Penggabungan buah dengan makanan lain jjuga sebaiknya tidak sembarangan. Sebagai contoh, jika kita menggabungkan protein daging dengan beberapa buah, hal ini akan menimbulkan rasa mual karena buah akan menyebabkan dekomposisi daging lebih cepat, sehingga akibatnya  antara lain dapat menyebabkan pencernaan tidak dilakukan dengan benar.

Misalnya, menggabungkan telur, roti atau dimasak dengan jus jeruk tidak sesuai untuk pencernaan, karena jus jeruk akan berfermentasi pada makanan dan menyebabkan beralkohol , sehingga dapat mempengaruhi hati.

Labels: