jcmrc

jmrc blog info manfaat kesehatan

Monday, December 29, 2014 | @ 2:40 AM
Tidak banyak orang yang tahu menu makanan sehat untuk penderita asam urat. Penderita asam urat harus mengedepankan makanan yang bisa membantu menurunkan kadar asam urat di dalam tubuh. Untuk anda penderita asam urat, dibawah ini tips menu untuk Anda:
Menu makanan sehat untuk penderita asam urat.
1.    Ceri
Ceri merupakan buah yang bisa digunakan untuk menurunkan kadar asam di dalam tubuh secara alami. Di dalam buah ceri terdapat kandungan anthocyanin yang bertugas sebagai anti inflamasi yang sangat baik untuk mengurangi kadar asam urat dalam tubuh.

2.    Produk Rendah Lemak
Semua jenis produk susu rendah lemak bisa dijadikan sebagai menu makanan untuk penderita asam urat. Karena makanan atau minuman tersebut akan mengurangi kadar asam urat yang ada di dalam tubuh. Produk susu yang bisa anda konsumsi misalnya yogurt, keju dan produk jenis lainnya.

3.    Makanan Yang Banyak Mengandung Vitamin C
Makanan yang mengandung banyak vitamin C juga merupakan menu makanan untuk penderita asam urat. Karena makanan yang mengandung banyak vitamin C akan menurunkan kadar asam urat dalam tubuh. Selain itu, makanan yang banyak mengandung vitamin C  juga akan memudahkan asam urat larut di dalam darah. Sehingga bisa dijadikan sebagai menu makanan untuk penderita asam urat. Vitamin C bisa anda dapatkan dari berbagai jenis buah-buahan, sayuran atau pun jenis makanan yang lainnya.

4.    Cuka Apel
Cuka apel merupakan cuka yang terbuat dari sari buah apel.Tambahkan 3 sendok teh cuka apel ke dalam menu makanan untuk penderita asam urat. Atau anda juga bisa menambahkan cuka apel tersebut ke dalam segelas air dan kemudian minumlah 2 hingga 3 kali dalam sehari. Cuka apel akan membantu mengobati penyakit asam urat yang anda derita dengan cepat.


5.    Jeruk Nipis
Jeruk nipis akan membuat asam urat larut dan kemudian mengeluarkannya. Tambahkan air perasan jeruk nipis ke dalam menu makanan untuk penderita asam urat harian anda.Atau anda bisa membuatnya menjadi jus jeruk nipis.

6.    Air Putih
Air putih merupakan salah satu pengobatan penyakit asam urat yang sangat sederhana. Air putih yang anda konsumsi setiap hari dalam jumlah yang cukup akan membantu tubuh mengeluarkan racun yang ada di dalam tubuh. Selain racun, air putih juga akan membawa serta kadar asam urat berlebih yang ada di dalam tubuh.

7.    Kacang Pinto
Kacang pinto merupakan makanan untuk penderita asam urat, karena kaya akan kandungan asam folat. Asam folat inilah yang akan membatu menurunkan kadar asam urat yang ada di dalam tubuh secara alami. Selain kacang pinto, makanan lain yang juga kaya akan kandungan asam folat yaitu biji bunga matahari.

Supaya penyakit asam urat yang anda derita cepat sembuh, konsumsilah menu makanan untuk penderita asam urat di atas secara teratur.
Berikut referensi manfaat makanan untuk kesehatan lainnya:

http://sehatcenter.com/3-manfaat-madu-untuk-manusia-yang-wajib-anda-mengerti/
http://sehatcenter.com/melihat-lebih-dalam-manfaat-jeruk-nipis-untuk-kesehatan/
http://sehatcenter.com/inilah-3-manfaat-air-putih-yang-bisa-anda-dapatkan/
http://sehatcenter.com/manfaat-air-kelapa-untuk-kesehatan-dan-kecantikan/
http://sehatcenter.com/mengenal-manfaat-madu-untuk-pengobatan-asam-urat/
http://sehatcenter.com/manfaat-minyak-zaitun-untuk-penyakit-asam-urat/
http://sehatcenter.com/terapi-jus-untuk-asam-urat/

Labels:

Monday, December 1, 2014 | @ 7:16 AM
Sejak dahulu orang sudah mengerti pentingnya makan buah dan sayur setiap hari untuk hidup lebih sehat dan lebh baik, tapi tahukah Anda bagaimana pentingnya warna dari buah dan sayuran tersebut?

Jika Anda berencana membuat menu makanan setiap hari dengan 3 jenis buah-buahan dan 2 jenis sayuran, maka akan lebih baik menggabungkan kelima warna berikut yaitu kuning/oranye, merah, putih, hijau dan ungu. Dengan kelima warna buah dan sayuran ini maka kebutuhan akan vitamin juga mineral yang harus Anda konsumsi setiap hari bisa Anda dapatkan.

Salah satu contoh buah kecil yang kaya akan vitamin A, B, C, E dan K adalah buah kesemek. Selain menjadi sumber zat besi, kalsium, magnesium, serta sulfur yang sangat bagus untuk kesehatan tubuh, buah kesemek ini juga mngandung banyak nutrisi penting yang baik untuk melawan peradangan, infeksi dan bahkan kanker. Menurut  studi terbaru, kandungan asam ellagic dan quercetin yang ada dalam buah kesemek mampu  membantu memperlambat pertumbuhan dan penyebaran tumor tanpa merusak sel sehat.

Mengkonsumsi buah kesemek ini secara teratur juga dapat mengurangi kadar asam urat dalam tubuh. Hal ini berkat kandungan tinggi zat anthocyanin pada buah kesemek. Selain itu, buah ini juga banyak terbukti bermanfaat bagi jantung, usus dan organ tubuh lainnya.

Selain buah kesemek ada juga buah lainnya yang dianggap sebagai buah super yaitu buah kiwi. Konsentrasi mineral, vitamin dan utamanya zat fitonutrien didalamnya, menjadikan kiwi  sebagai makanan pelindung terhadap penyakit pernapasan, dan patologi jantung. Buah kiwi bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan jantung, mengatur tekanan darah dan mengurangi kadar kolesterol.

Berikut bahan bacaan bagus lainnya seputar manfaat buah:

http://sehatcenter.com/manfaat-buah-pinang-bagi-kesehatan-pria-dan-wanita/
http://sehatcenter.com/mengenal-lebih-jauh-manfaat-buah-merah-papua-asli-indonesia/
http://sehatcenter.com/berbagai-manfaat-buah-markisa-untuk-tubuh/
http://sehatcenter.com/korek-lebih-dalam-manfaat-buah-bit-untuk-kesehatan/
http://sehatcenter.com/adakah-manfaat-buah-kesemek-untuk-kesehatan/
http://sehatcenter.com/berjuta-manfaat-daun-sirih-untuk-tubuh/
http://sehatcenter.com/mempelajari-lebih-lanjut-manfaat-daun-salam-untuk-kesehatan/
http://sehatcenter.com/manfaat-daun-kemangi-untuk-kesehatan-tubuh-manusia/

Labels:

Sunday, November 23, 2014 | @ 5:45 PM
Salah satu cara terbaik menghindari masalah pencernaan dan membuat tubuh lebih sehat adalah dengan rajin mengkonsumsi buah-buahan. Selama ribuan tahun, buah-buahan sudah menjadi salah satu asupan tubuh yang cukup nikmat untuk dikonsumsi. Berbagai manfaat dapat kita peroleh darinya seperti meremajakan kulit, perbaikan sel, menambah energy, nutrisi hingga kemampuannya dalam membantu proses pembakaran lemak.

Berikut beberapa sumber refensi manfaat buah

http://sehatcenter.com/menguak-manfaat-lidah-buaya-bagi-tubuh/
http://sehatcenter.com/ketahui-1000-manfaat-jahe-alami/
http://sehatcenter.com/menikmati-seribu-manfaat-tomat-segar/
http://sehatcenter.com/mengungkap-manfaat-kencur-bagi-kesehatan/
http://sehatcenter.com/ketahui-beragam-manfaat-mengkudu-bagi-kesehatan
http://sehatcenter.com/nikmati-manfaat-kentang-untuk-kecantikan-alami/
http://sehatcenter.com/manfaat-buah-naga-merah-dan-putih-untuk-menjaga-kesehatan-tubuh-kita/
http://sehatcenter.com/manfaat-buah-buahan-untuk-kesehatan-dan-kecantikan/
http://sehatcenter.com/manfaat-buah-kiwi-yang-luar-biasa/
http://sehatcenter.com/manfaat-buah-mengkudu-untuk-kesehatan-dan-pencegahan-penyakit/
http://sehatcenter.com/manfaat-buah-salak-untuk-kesehatan-kita/

Buah terbentuk terutama dari air dan fruktosa serta banyak mengandung enzim, sam amino,  mineral, serat, vitamin serta minyak nabati. Sayangnya, meski sangat bergizi dan mudah dicerna, tidak semua orang dapat dengan mudah menghargai buah-buahan.  Ini barangkali bisa karena cara konsumsi yang tidak tepat.
Untuk dapat mengambil sebanyak mungkin manfaat dari buah-buahan, paling ideal sebetulnya dengan memakan  buah ketika perut masih kosong dan tidak digabungkan dengan makanan lain. Hal ini karena sebagian besar jenis buah-buahan yang ada memerlukan waktu sekira 30menit untuk dicerna, kecuali buah pisang yang memerlukan waktu lebih lama.

Penggabungan buah dengan makanan lain jjuga sebaiknya tidak sembarangan. Sebagai contoh, jika kita menggabungkan protein daging dengan beberapa buah, hal ini akan menimbulkan rasa mual karena buah akan menyebabkan dekomposisi daging lebih cepat, sehingga akibatnya  antara lain dapat menyebabkan pencernaan tidak dilakukan dengan benar.

Misalnya, menggabungkan telur, roti atau dimasak dengan jus jeruk tidak sesuai untuk pencernaan, karena jus jeruk akan berfermentasi pada makanan dan menyebabkan beralkohol , sehingga dapat mempengaruhi hati.

Labels: