jcmrc

jmrc blog info manfaat kesehatan

Sunday, February 21, 2016 | @ 9:10 AM
Manfaat Kulit Manggis bagi Turunnya Berat Badan - Selain untuk kecantikan, kini mulai terungkap manfaat kulit manggis bagi turunnya berat badan. Sejak tahun 1990-an permasalahan gizi di dunia, termasuk Indonesia berubah. Permasalah gizi tersebut bergeser dari yang asalnya berupa kekurangan gizi menjadi kelebihan gizi yang menyebabkan obesitas.

Dari tahun ke tahun penderita obesitas semakin bertambah jumlahnya. Penderita pun berasal dari berbagai kalangan usia mulai dari balita, remaja, dewasa dan manula. Obesitas ini disusul dengan berbagai penyakit yang mengiringi, diantaranya diabetes, hipertensi, jantung, stoke dan lain-lain yang akhirnya mengancam jiwa si penderita. Karenanya, program penurunan berat badan menjadi masalah serius yang harus diperhatikan.

Manfaat Kulit Manggis bagi Turunnya Berat Badan

Untuk menangani masalah gizi tersebut, negara-negara di dunia menyusun PUGS (Pedoman Umum Gizi Seimbang) yang memuat 13 pesan dasar, yakni:

1. konsumsilah beraneka ragam makanan
2. Konsumsilah makanan untuk mencukupi kebutuhan energi
3. Konsumsilah makanan sumber karbohidrat setengah dari kebutuhan energi
4. Batasilah konsumsi lemak dan minyak sampai seperempat dari kecukupan energi
5. Gunakanlah garam beryodium
6. Konsumsilah makanan sumber zat besi untuk mencegah anemia
7. Berikan ASI saja pada bayi sampai berumur 6 bulan
8. Biasakanlah sarapan
9. Minumlah air bersih yang aman dan cukup jumlahnya
10. Lakukanlah kegiatan fisik dan olahraga
11. Hindari mengonsumsi minuman beralkohol
12. konsumsilah makanan yang aman bagi kesehatan
13. Selektiflah dalam mengonsumsi makanan dengan terlebih dahulu membaca label kemasan

Dengan 13 pesan dasar tersebut diharapkan masalah obesitas dapat berkurang atau hilang sama sekali. Namun kenyataan yang ada berkata sebaliknya, masalah obesitas tetap berkembang seiring makin maraknya makanan cepat saji dengan berbagai varian menu yang ditawarkan. Tiga belas pesan dasar itu seakan-akan hanya tulisan kosong yang tidak berkontribusi apa-apa.

Intinya, manusia semakin tidak peduli dengan kandungan gizi yang terkandung pada makanan yang dimasukan ke dalam mulutnya. Yang penting enak di mulut dan kenyang di perut maka makanan yang penuh zat tambahan berbahaya pun akan habis disikat. Jika dirinya sudah divonis obesitas ditambah bonus berbagai penyakit sebagai efeknya, barulah ia sadar dan melakukan berbagai cara untuk sembuh.

Obat-obatan kimia, bahkan sedot lemak sering menjadi jalan pintas untuk menurunkan berat badan. Padahal ada cara alami yang jauh lebih aman yang bisa kita tempuh dalam usaha menurunkan berat badan ini. Salah satunya adalah beralih mengonsumsi ekstrak kulit manggis secara rutin.

Kulit manggis yang biasanya dibuang begitu saja, sekarang menjadi harta berharga yang bernilai rupiah. Ia banyak diburu perusahaan obat herbal untuk diambil saripatinya dan dikemas dalam bentuk tablet. Pun demikian dengan perusahaan kecantikan. Mereka meng-ekstrak kulit manggis dan dijadikan berbagai produk perawatan kecantikan.

Dalam kaitannya dengan penurunan berat badan, ekstrak kulit manggis berfungsi sebagai obat pencuci perut yang lembut. Efeknya pada sistem pencernaan sama seperti obat pencahar sehingga proses defekasi pun berjalan lancar. Namun efek pencahar dari ekstrak kulit manggis tidak sedramatis obat pencahar kimia sehingga saluran cerna tidak syok.

Ekstrak kulit manggis pun mampu meringankan peradangan pada usus kecil dan usus besar karena ia memiliki kandungan zat yang disebut Xanthone yang bersifat anti bakteri. Bagi anda penderita diare, bisa diobati pula dengan meminum ekstrak kulit manggis.

Sistem pencernaan yang sehat adalah kunci suksesnya program penurunan berat badan. Manfaat kulit manggis bagi dengan penurunan berat badan akan lebih cepat jika diiringi dengan olahraga secara rutin disertai banyak minum air putih. Semoga informasi ini bisa menjadikan Indonesia menuju generasi yang berjiwa sehat dan bertubuh kuat.

Labels: